RESEP AYAM KALIO PEDAS BAWANG GORENG

Resep Nikmat Indonesia - Resep Ayam Kalio Pedas Bawang Goreng - Tahukah anda apa itu ayam kalio? Bagi sebgaian orang, menu masakan ayam kalio sangat jarang terdengar. Mungkin lebih akrab dengan opor ayam, ayam panggang, atau gulai ayam. Memang, ayam kalio belum begitu populer di kalangan masyarakat indonesia. Namun tahukah anda bahwa ayam kalio memiliki cita rasa yang sangat enak dan pedas seperti rendang. Untuk daging ayamnya, anda bisa menggunakan ayam kampung maupun ayam broiler. Jika anda ingin tekstur yang lebih alot, maka gunakan ayam kampung. Namun anda juga bisa menggantinya dengan ayam broiler jika inging tekstur yang lebih empuk. Tapi tentunya akan membedakan waktu memasaknya. Mau tahu cara membuat ayam kalio? Kita simak yang berikut ini yuk.

RESEP AYAM KALIO PEDAS
Ayam Kalio

Resep ayam kalio pedas bawang goreng adalah salah satu masakan yang sering dianggap sama dengan gulai ayam. Ya, ayam kalio dan gulai hampir sama. Yang membedakan keduanya adalah dari cara memasaknya. Dalam memasak kalio, bumbu ditumis dulu sampai harum, baru memasukkan bahan-bahan lainnya termasuk santan. Berbeda dengan gulai yang mana bumbu mentah dimasukkan bersama santan sampai mendidih. Ayam kalio bisa menjadi pilihan anda dalam mengolah daging ayam. Oke bagi anda yang ingin membuat ayam kalio pedas, mari kita simak resep dan panduannya berikut ini.

Resep Ayam Kalio Pedas

Bahan-Bahan :
  • 700 gram ayam kampung (1 ekor). Dicuci dan dipotong jadi 8 bagian
  • 2 sdm minyak untuk menumis
  • 700 ml santan dari ½ butir kelapa

Bumbu-Bumbu Halus :
  • 4 buah bawang merah
  • 1 sdm garam
  • 1 cm jahe
  • 1 cm lengkuas muda
  • 2 siung bawang putih
  • 2 cm kunyit
  • 4 buah cabai merah
  • 2 buah asam kandis

Cara Membuat Ayam Kalio Pedas :
  1. Pertama, anda menunis semua bumbu-bumbu yang sudah dihaluskan bersama asam kandis.
  2. Tumis sampai beraroma harum.
  3. Selanjutnya daging ayam dimasukkan dan diaduk sampai berubah warna.
  4. Setelah itu santan dimasukkan dan diaduk perlahan.
  5. Masak sampai matang dan bumbumnya meresap.
  6. Angkat dan diamkan sebentar.
  7. Taburi dengan bawang goreng di atasnya.
  8. Ayam goreng kalio pedas bawang goreng siap untuk dinikmati.

Sekali lagi, umumnya ayam kalio berbahan dasar ayam kampung. Tetapi jika anda memilih ayam broiler pun tidak masalah. Yang pasti waktu memasak ayam kampung dan ayam broiler berbeda. Jadi anda bisa mengurangi waktu memasaknya jika menggunakan ayam broiler. Selamat mencoba.

Demikian resep ayam kalio pedas bawang goreng dari kami. Semoga bermanfaat bagi anda dan terima kasih telah membaca artikel ini. Jangan lupa selalu mengikuti Resep Nikmat Indonesia untuk mendapatkan berbagai resep masakan yang nikmat dan lezat. Happy cooking.!!!

Para pembaca yang baik, jika anda menilai artikel ini bermanfaat silahkan like di Facebook, tweet di Twitter, atau Google +. Terima kasih.
Baca juga resep yang ini : Resep Ayam Teriyaki Nikmat

RESEP AYAM KALIO PEDAS BAWANG GORENG Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Juragan