RESEP ES KOLANG KALING SEGAR NIKMAT

Resep Es Kolang Kaling Segar Nikmat. Kolang kaling adalah komoditi atau bahan yang paling dicari di bulan puasa ini. Karena sebagai bahan dasar membuat es koalng kaling. Tak hanya itu, kolang kaling juga biasa digunakan sebagai bahan pelengkap untuk aneka es dan makanan. Misalnya untuk pelengkap kolak, atau es buah. Nah kali ini akan kami bagikan resep es kolang kaling segar nikmat untuk anda. Pastinya sangat cocok untuk menu buka puasa anda. Bagaimana cara membuat es kolang kaling yang mudah dan enak? Semua sudah kami rangkum dalam resep es kolang kaling segar nikmat kali ini. Semoga bisa memandu anda membuat es kolang kaling.

RESEP ES KOLANG KALING SEGAR NIKMAT

Resep Es Kolang Kaling memang sangat mudah. Kolang kaling masih cukup mudah dicari di pasar-pasar. Karena para petani kolang kaling juga sudah mengantisipasi banyaknya pesanan di bulan puasa. Cara membuat es kolang kaling bisa anda lakukan di rumah. Tips dari kami adalah gunakan kolang kaling putih saha. Karena kolang kaling putih itu tidak menggunakan zat pewarna. Sedangkan kolang kaling merah sudah ditambah zat pewarna. Kali ini akan kami gunakan kolang kaling putih. Yuk langsung saja simak resep es kolang kaling nikmat segar berikut ini.

Resep Es Kolang Kaling Segar Nikmat Untuk Buka Puasa

Bahan-Bahan :
  • 250 gr buah kolang kaling
  • 1000 ml air
  • 350 gram leci kalengan
  • 200 gr gula pasir
  • 3 sendok makan air jeruk nipis
  • 100 ml sirup (merah) atau sesuai warna yang diinginkan
  • Susu kental manis secukupnya atau sesuai selera
  • 1 bungkus agar agar putih
  • Es batu/es balok

Cara Membuat Es Kolang Kaling :
  1. Kolang kaling diiris tipis sesuai selera.
  2. Kemudian leci kalengan ditiriskan dulu. Sisihkan.
  3. Siapkan panci yang cukup besar.
  4. Kemudian masukkan kolang kaling, 100 gr gula, 3 sdm air jeruk dan air 500 ml. Masak sampai airnya habis dan kolang kalingnya empuk.
  5. Setelah itu angkat dan tiriskan.
  6. Selanjutnya masak 500 ml air bersama 100 gram gula dan agar-agarnya. Masak sampai mendidih.
  7. Lalu tuangkan ke loyang. Diamkan sampai beku.
  8. Kemudian agar-agarnya diserut memanjang.
  9. Siapkan gelas atau mangkuk.
  10. Masukkan kolang kaling, agar-agar, leci, susu kental manis, dan sirup.
  11. Aduk-aduk sampai tercampur rata.
  12. Tambahkan es balok/es halus sesuai selera.

Kolang kaling memang menjadi makanan paling diminati di bulan puasa. Selain rasanya yang segar dan enak, kolang kaling juga relatif lebih murah harganya. Selamat Mencoba, Semoga Berhasil.

Demikian Resep es kolang kaling nikmat dari kami. Semoga bermanfaat bagi anda dan terima kasih telah membaca artikel ini. Jangan lupa selalu mengikuti Resep Nikmat Indonesia untuk mendapatkan berbagai Resep Masakan Indonesia yang nikmat dan lezat. Happy cooking.!!!

Para pembaca yang baik, jika anda menilai artikel ini bermanfaat silahkan like di Facebook, tweet di Twitter, atau Google +. Terima kasih.

Baca Resep Ini : Resep Es Buah Melon Salju
Resep Es Kolang Kaling

RESEP ES KOLANG KALING SEGAR NIKMAT Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Juragan