RESEP KLAPPERTAART ORIGINAL TERNIKMAT

Resep Nikmat Indonesia - Resep Klappertaart Original Ternikmat - Siapa yang tidak akan tergoda dengan aroma wangi kue berbahan dasar kelapa muda ini? Kue yang merupakan makanan khas dari Manado ini banyak disukai. Setiap berkunjung ke Manado pasti tidak akan pernah melupakan makanan yang satu ini. Baik untuk dicicipi secara langsung maupun dijadikan buah tangan yang lezat. 

Klappertart merupakan kue yang memiliki tekstur basah dengan rasa gurih manis kelapa muda. Rasa klappertart yang khas memang berasal dari air kelapa muda yang ikut dimasak di dalamnya sehingga membuat tekturnya menjadi basah dan lembut. Klappertart kini tidak hanya bisa ditemukan di daerah asalnya, namun bisa ditemukan di kota lain. Hal ini memang saat ini banyak took kue yang mulai menjual aneka klappertart yang kini banyak dimodifikasi menjadi berbagai rasa. 

RESEP KLAPPERTAART ORIGINAL TERNIKMAT

Untuk mencicipi kue yang satu ini, anda tidak perlu datang jauh-jauh ke Manado atau mencari di took kue. Dalam resep kali ini kita akan menyajikan resep kue klappertart original yang berasal dari Manado ini. Cara membuatnya pun ternyata sangat mudah dan anda bisa mempraktikannya di rumah. Berikut resepnya. 

Bahan kue/isi :
  • 3 buah kelapa muda pisahkan air kelapanya dan dagingnya (semua dipakai dalam bahan kue ini)
  • 200 gr gula pasir
  • 50 gram susu bubuk fullcream
  • 3 butir kuning telur
  • 75 gr mentega
  • 50 gr tepung terigu
  • 30 gr maizena
  • ½  sdt vanili
  • 30 gr kenari cincang
  • 30 gr kismis

Bahan topping atas kue :
  • 3 btr putih telur
  • 30 gram gula bubuk
  • 1 sdt kayu manis bubuk
  • 25 gram kismis

Cara Membuat :
  1. Masukkan ke dalam sebagian dari air kelapa, gula pasir dan mentega hingga mendidih.
  2. Tambahkan tepung maizena, tepung terigu, susu bubuk dan vanili, pada sisa air kelapa yang belum dimasak aduk rata hingga semua bahan kering larut
  3. Campurkan ke dalam adonan kue yang telah mendidih kemudian tambahkan kuning telur, daging kelapa muda, kismis dan kenari aduk hingga rata
  4. Masukkan adonan kue yang sudah jadi ke dalam aluminium foil yang berbentuk Loyang 
  5. Panggang ke dalam oven selama 15 menit pada suhu 180 derajat lalu keluarkan kembali
  6. Untuk membuat toping kocoklah putih telur dan gula sampai menjadi kaku
  7. Berikan topping putih telur pada kue yang telah dipanggang kemudian taburi dengan kenari yang telah disangrai, kismis dan kayu manis bubuk
  8. Panggang lagi ke dalam oven selama 15 menit pada suhu 180 derajat lalu keluarkan kembali
  9. Keluarkan dari oven dan dinginkan di dalam lemari es karena lebih nikmat bila disajikan dingin.

Resep di atas merupakan resep klappertaart original ternikmat di mana rasa gurihnya kelapa muda masih menjadi dominan. Dilakukan pemanggangan dua kali dengan tujuan agar topping di atas kue tidak gosong sehingga semain mempercantik penampilan kue. Klappertaart yang di took kue dijual dengan harga mahal kini bisa anda nikmati bersama seluruh keluarga di rumah. Selamat mencoba!

Demikian resep klappertaart original ternikmat dari kami. Semoga bermanfaat bagi anda dan terima kasih telah membaca artikel ini. Jangan lupa selalu mengikuti Resep Nikmat Indonesia untuk mendapatkan berbagai resep masakan yang nikmat dan lezat. Happy cooking.!!!

Para pembaca yang baik, jika anda menilai artikel ini bermanfaat silahkan like di Facebook atau tweet di Twitter. Terima kasih.
Baca juga resep yang ini : Resep Brownies Marmer Super Lezat.

RESEP KLAPPERTAART ORIGINAL TERNIKMAT Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Juragan