RESEP UDANG TUMIS BUNCIS PRAKTIS DAN NIKMAT

Resep Nikmat Indonesia - Resep Udang Tumis Buncis Praktis Dan Nikmat - Bagi penggemar makanan laut atau seafood, udang merupakan salah satu makanan favorit. Binatang yang bercangkang lunak ini salah satu seafood yang mudah diolah. Udang dapat dibuat berbagai varian makanan yang sangat lezat. Kandungan gizi udang pun juga sangat baik. Udang memiliki kandungan protein yang cukup tinggi, serta memiliki kandungan kalsium dan fosfor yang cukup tinggi. Kandungan ini sangat baik bagi kesehatan rambut, tulang dan gigi. 

Selain kandungan proteinnya udang juga disorot karena kandungan kolesterolnya yang cukup tinggi. Menurut penelitian, memakan udang langsung dapat menaikkan kandungan kolesterol dalam darah. Udang dapat mudah kita temukan di pasar maupun supermarket. Udang yang baik adalah udang yang segar, baik udang dari laut maupun dari sungai. Udang yang segar cirinya adalah warnanya masih terlihat segar, cangkangnya masih kuat menempel pada tubuhnya, ekor juga masih utuh dan jika ditekan tidak ada lender yang menempel. Salah satu tips mengkonsumsi seafood terletak pada kesegarannya. Jika sudah tidak segar lagi, maka tidak akan menghasilkan makanan yang enak, bahkan bisa menimbulkan racun yang menyebabkan alergi pada tubuh. 

RESEP UDANG TUMIS BUNCIS PRAKTIS DAN NIKMAT

Begitu juga dengan udang, jika kesegaran udang tidak terjaga maka udang dapat menimbulkan alergi. Hal ini disebabkan udang yang sudah tidak fresh sulit untuk dibersihkan terutama untuk bagian perutnya. Di bagian perut udang ada serat hitam yang menjadi saluran pembuangan kotoran. Jika udang masih sangat segar, maka dengan mudah serat itu dapat ditarik dan dibuang. Jika udang sudah tidak segra lagi, maka kotoran itu sulit dikeluakan. Oleh karena itu, sering kali udang menjadi kurang bersih dan menimbulkan alergi. 

Udang dapat diolah menjadi berbagai varian menu masakan lezat. Salah satu menu favorit keluarga saya adalah udang tumis buncis. Masakan ini rasanya lezat dan praktis. Prosesnya sangat cepat dan mudah. Berikut ini resep udang tumis buncis praktis dan nikmat : 

Bahan :
  • 250 gram udang segar dengan ukuran sedang
  • 250 gram buncis (pilih buncis yang masih muda agar rasanya enak, saya sering juga mengolah baby buncis agar tumis buncisnya menjadi renyah dan enak)
Bumbu :
  • 5siung bawang putih , iris tipis 
  • 3 buah bawang merah , iris tipis 
  • ½ buah bawang Bombay, potong memanjang
  • 3 buah cabai merah besar (jika suka pedas, maka cabai bisa ditambahkan lagi sesuai selera tingkat kepedasan)
  • 2 sdm saus tiram 
  • Garam dan gula secukupnya
  • 2 sdm margarine digunakan untuk menumis
Cara membuat :
  1. Cuci lalu potong buncis sesuai selera. Jika menggunakan buncis biasa biasanya dipotong serong, jika menggunakan baby buncis irisannya memanjang. 
  2. Cuci bersih udang, buang serat dalam perutnya dan buang cangkakngnya. Sisakan ekornya agar bentuknya masih terlihat manis
  3. Panaskan margarine di atas wajan dengan api kecil
  4. Masukkan bawang putih dan bawang merah, cabai aduk hingga harum lalu masukkan bawang Bombay, tumis hingga layu dan baunya harum. (ingat saat menumis api harus kecil agar tidak gosong)
  5. Masukkan saus tiram ke dalam tumisan. Saus apapun jika ditumis lebih dulu maka rasanya akan menjadi lebih merasuk dalam masakan
  6. Masukkan udang yang telah dicuci ke dalam tumisan aduk sampai berubah warna
  7. Masukkan buncis lalu tambahkan garam dan gula secukupnya
  8. Jangan masak terlalu lama agar udang tidak keras dan buncisnya masih terasa renyah
  9. Matikan api lalu sajikan dengan nasi hangat

Resep di atas, sangat mudah dan praktis. Bahan yang diperlukan pun sangat mudah ditemukan. Tetapi walaupun sederhana, resep ini sangat enak dan lezat. Nutrisinya pun sangat baik bagi tubuh. Jika bingung dengan menu hari ini, maka jangan lagi berpikir panjang segera coba resep di atas dan sajikan masakan sederhana berasa restoran bintang lima di rumah anda. 

Demikian Resep Udang Tumis Buncis Praktis Dan Nikmat dari kami. Semoga bermanfaat bagi anda dan terima kasih telah membaca artikel ini. Jangan lupa selalu mengikuti Resep Nikmat Indonesia untuk mendapatkan berbagai resep masakan yang nikmat dan lezat. Happy cooking.!!!

Para pembaca yang baik, jika anda menilai artikel ini bermanfaat silahkan like di Facebook atau tweet di Twitter. Terima kasih.
Baca juga resep yang ini : Resep Kue Cheese Stick Renyah Dan Enak.

RESEP UDANG TUMIS BUNCIS PRAKTIS DAN NIKMAT Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Juragan