RESEP SETUP MAKARONI KHAS SOLO

Resep Nikmat Indonesia - Resep Setup Makaroni Khas Solo - Makanan ini merupakan makanan khas dari kota Solo. Makanan ini merupakan salah satu makanan yang biasa disajikan di acara-acara besar yang diadakan oleh Keraton Solo. Jika melihat bahannya pasti banyak orang mengira makanan ini adalah makanan khas Italia. Hal ini karena bahannya adalah macaroni yang merupakan salah satu jenis pasta. Namun sebenarnya makanan ini makanan khas asli Solo. Walaupun memang dari sejarahnya, makanan ini diadaptasikan dari makanan orang barat yang dulu menjajah Indonesia, dengan disesuaikan cita rasaIndonesia. 

Makanan ini hanya membutuhkan bahan yang sederhana dan cara membuatnya pun sangat simple. Memasaknya cepat, bumbunya mudah didapat dan rasanya hmmm yummy. Rasa setup macaroni adalah gurih, teksturnya basah karena memang memiliki sedikit kuah. Walaupun termasuk makanan berkuah, namun makaroninya tidak mudah menjadi lunak atau dalam bahasa jawa disebut medhok. Ini disebabkan kuah yang dibuat dalam setup macaroni tidak encer melainkan agak kental karena memang terbuat dari susu. 

RESEP SETUP MAKARONI KHAS SOLO

Setup macaroni biasa disajikan sebagai makanan pembuka atau sekedar makanan pendamping. Sangat cocok juga untuk balita karena lunak, enak dan bergizi. Makanan ini memiliki cita rasa yang gurih karena memang dibuat dengan kaldu. Bagaimana bahan dan cara membuatnya? Ikuti resep setup makaroni khas solo berikut ini : 

Bahan :
  • 250 gram macaroni (biasa saya pilih yang bentuk pipa) direbus ta[i jangan sampai terlalu lunak kemudian ditiriskan
  • 2 butir telur ayam, kocok lepas 
  • 250 gram daging ayam (biasa saya pilih badian dada lalu dipotong dadu)
  • 1 buah bawang Bombay
  • 3 siung bawang putih
  • 250 ml susu cair 
  • 1 sdt pala bubuk 
  • 1 sdm mentega atau margarine 
  • Garam dan merica secukupnya
  • Air secukupnya
  • Keju untuk taburan jika suka

Cara membuat :
  1. Memarkan bawang putih lalu tumis dengan mentega yang sudah dicairkan dalam wajan
  2. Tumis bawang Bombay hingga layu kemudian masukkan susu ke dalam tumisan, masak dengan api kecil 
  3. Masukkan daging ayam ke dalam tumisan dan dimasak sampai berubah warna.
  4. Tambahkan susu, garam, merica bubuk dan pala bubuk masak hingga mendidih
  5. Masukkan macaroni ke dalam susu cair dan masukkan air sedikit. 
  6. Masukkan telur yang sudah dikocok aduk cepat hingga telur matang. Tunggu sampai mendidih kemudian matikan api. Angkat
  7. Sajikan hangat dengan taburan keju jika suka karena cita rasa tanpa keju pun sudah sangat gurih 

Sajian setup macaroni gurih. Bila disajikan hangat sangat cocok di musim hujan sekarang ini. Jika hujan, perut terasa lapar dan ingin yang hangat-hangat tunggu apa lagi segera coba resep ini. Dijamin seluruh keluarga akan ketagihan. Selamat mencoba!

Demikian Resep Setup Makaroni Khas Solo. Semoga bermanfaat bagi anda dan terima kasih telah membaca artikel ini. Jangan lupa selalu mengikuti Resep Nikmat Indonesia untuk mendapatkan berbagai resep masakan yang nikmat dan lezat. Happy cooking.!!!

Para pembaca yang baik, jika anda menilai artikel ini bermanfaat silahkan like di Facebook atau tweet di Twitter. Terima kasih.
Baca juga resep yang ini : Resep Sop Buntut Sapi Istimewa.

RESEP SETUP MAKARONI KHAS SOLO Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Juragan