RESEP KUE LUMPUR LEMBUT YUMMY

Resep Nikmat Indonesia - Resep Kue Lumpur Lembut Yummy - Di Indonesia ini, siapa yang tidak kenal dengan jajanan pasar. Hampir semua toko kue menyediakan menu jajanan pasar. Berbagai jajanan pasa yang tersedia di setiap daerah pun sangat beragam. Jajanan pasar bisa ditemukan di mana saja. Jajanan pasar sangat digemari karena bisa dijadikan camilan yang lezat. Harga yang ditawakan pun  murah. Nah, saat membeli jajanan pasar, anda pasti tidak akan asing dengan kue lumpur. 

Ya, kue lumpur merupakan salah satu jajanan pasar yang khas. Banyak orang yang menyukai kue ini. Rasanya yang manis dan harumnya khas membuat banyak orang ketagihan. Salah satu yang paling istimewa dari kue ini adalah teksturnya yang lembut dan tidak terlalu kering. Kue ini memang dibuat dengan dimasak di atas api secara cepat. Sehingga hal ini membuat tekstur bagian dalamnya menjadi tidak kering, cenderung basah dan sangat lembut. Oleh karena itulah disebut sebagai kue lumpur. 

RESEP KUE LUMPUR LEMBUT YUMMY

Salah satu bahan yang membuat tekstur kue yang sangat lembut adalah ditambahkannya kentang pada adonan. Jika kue lumpur dibuat hanya dengan terigu, maka teksturnya akan cenderung kenyal dan tidak lembut. Tambahan santan dan daging kelapa juga menambah cita rasa dari kue ini. Jika anda selalu khawatir dengan kehigienisan jajanan pasar yang ada di pasaran, maka dengan membuat sendiri masalah tersebut akan teratasi. Resep ini sangat sederhana dan sangat praktis dipraktikkan di rumah. Berikut ini resep kue lumpur lembut yummy untuk anda :
 
Bahan :
  • 500 gram tepung terigu
  • 3 buah kentang ukuran sedang (kira-kira 250 gram)
  • 750 santan kental
  • 200 gram margarine, cairkan lebih dulu
  • 250 gram gula pasir
  • 4 butir telur ayam
  • 1 bungkus vanili bubuk ( bisa juga menggunakan vanili cair sekitar 2-3 tetes)
  • Daging kelapa muda yang diserut dari 1 buah kelapa muda
  • Sedikit garam
  • Kismis untuk taburan

Cara membuat :
  1. Kukus kentang hingga matang kemudian haluskan sampai lembut
  2. Masukkan gula, telur kocok hingga rata kira-kira selama 10-15 menit (hingga gula larut)
  3. Masukkan kentang dalam campuran gula dan telur, kocok hingga rata.dalam adonan ini kemudian ditambahkan tepung terigu sedikit demi sedikit dengan cara diayak, aduk hingga semua terigu tercampur rata dalam adonan. 
  4. Masukkan daging kelapa muda dalam adonan aduk rata
  5. Tuangkan margarine yang sudah cair sedikit demi sedikit, sambil diaduk. Serta masukkan pula santan dalam adonan
  6. Saring adonan yang sudah tercampur dalam wadah lain. Hal ini membuat tekstur kue lumpur makin lembut karena tidak ada lagi tepung yang menggumpal
  7. Tambahkan vanili dan garam agar rasanya lebih mantap. Aduk rata
  8. Panaskan cetakan kue lumpur di atas kompor, olesi dengan margarine kemudian jika sudah panas tuangkan adonan ke dalam cetakan lalu tambahi atasnya dengan kismis. Masak sebentar (kira-kira 2-3 menit) sampai bagian bawah terlihat kering dan kecoklatan. Jangan terlalu lama agar tidak gosong
  9. Jika sudah matang angkat 
  10. Sajikan kue lumpur 

Jajanan pasar yang biasa kita beli dapat dengan mudah kita buat bukan? kini anda tidak perlu lagi khawatir jika anak anda memakan jajanan pasar, karena buatan sendiri dijamin rasanya lebih mantap serta lebih higienis. Sajikan di saat santai bersama keluarga didampingi dengan minuman hangat favorit keluarga. Acara santai menjadi lebih istimewa. Selamat mencoba!

Demikian Resep Kue Lumpur Lembut Yummy. Semoga bermanfaat bagi anda dan terima kasih telah membaca artikel ini. Jangan lupa selalu mengikuti Resep Nikmat Indonesia untuk mendapatkan berbagai resep masakan yang nikmat dan lezat. Happy cooking.!!!

Para pembaca yang baik, jika anda menilai artikel ini bermanfaat silahkan like di Facebook atau tweet di Twitter. Terima kasih.
Baca juga resep yang ini : Resep Setup Makaroni Khas Solo.

RESEP KUE LUMPUR LEMBUT YUMMY Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Juragan