RESEP SOP BUNTUT SAPI ISTIMEWA

Resep Nikmat Indonesia - Resep Sop Buntut Sapi Istimewa - Siapa bilang bagian buntut atau ekor sapi tidak enak dimakan?  Ternyata bagian buntut sapi  bisa dibuat sup nikmat yang menggoda selera.  Hidangan ini merupakan hidangan istimewa dari salah satu bagian dari sapi. Sop buntut sapi paling nikmat disantap saat cuaca seperti ini. Hujan yang selalu turun akhir-akhir ini membuat udara terasa dingin. Hangatnya sop buntut sapi yang lezat akan membuat kita makin bersemangat. 

Sop buntut banyak disukai orang karena sensasinya yang lain dari yang lain. Orang lebih suka menyantap sop buntut karena lebih menikmati cara makannya yang tergolong asyik bagi penggemarnya. Bagian buntut sapi tidak mengandung banyak lemak. Jika dibuat kaldu, kaldunya akan bening dan baunya sangat sedap. Kaldu dari bagian ini rasanya sangat gurih dan lezat. Tanpa tambahan berbagai bahan lain pun akan sudah sangat terasa sedapnya. 

Bagian buntut sapi hanya tulang dan dagingnya alot, itu beberapa pendapat orang tentang buntut sapi. Tapi jangan salah, sensasi mendapatkan daging di antara tulang itulah yang malah banyak dicari orang saat memakan buntut sapi. 

RESEP SOP BUNTUT SAPI ISTIMEWA

Jika anda takut memasak bagian buntut sapi karena banyak tulang dan dagingnya banyak yang menempel di tulang, maka jangan khawatir lagi. Daging yang menempel pada tulang jika dimasak dengan benar makadapat dengan mudah kita makan.  Bagaimana cara membuat sop buntut sapi yang nikmat? Berikut ini resep sop buntut sapi istimewa : 

Bahan :
  • 1 kg buntut atau ekor sapi, potong menjadi bagian yang kecil
  • 2 buah wortel iris dengan potongan yang agak tebal
  • 5 liter air
  • 1 batang daun seledri
  • 1 batang daun bawang
  • 1 buah bawang bombai
  • 10 buah bawang putih
  • 3 sdt merica bubuk
  • 1 buah pala diparut halus
  • Garam secukupnya
  • 2 sdm margarine 

Cara membuat :
  1. Rebus buntut sapi dalam air sampai empuk (kira-kira 45 menit) dengan menggunakan api besar. Pada saat merebus tambahkan daun bawang dan daun seledri yang diikat agar menambah aroma masakan.  Jangan cuci buntut sapi dengan air agar cepat empuk saat direbus
  2. Memarkan bawang putih  kemudian, iris bawang Bombay kasar
  3. Panaskan margarine hingga meleleh, tembahkan sedikit minyak sayur lalu tumis bawang putih hingga harum lalu masukkan pula bawang Bombay tumis lagi hingga menjadi layu. Angkat dari api jika sudah matang
  4. Masukkan tumisan bumbu ke dalam kaldu, bumbui dengan pala, merica bubuk dan garam. 
  5. Masak hingga kaldu mendidih lalu masukkan potongan wortel. Wortel terakhir kali masuk agar tidak hancur.
  6. Tunggu sampai mendidih kembali dan potongan wortel menjadi ridak keras. Jika sudah matang matikan api dan angkat.
  7. Sajikan sop buntut sapi hangat-hangat bersama keluarga.

Demikian resep sop buntut dari kami. Resep ini tergolong mudah dan praktis. Cara yang digunakan sangat sederhana namun haisil masakannya istimewa. Ayo segera manjakan lidah keluarga anda dengan masakan lezat dan nikmat ini! Selamat mencoba!

Demikian Resep Sop Buntut Sapi Istimewa dari kami. Semoga bermanfaat bagi anda dan terima kasih telah membaca artikel ini. Jangan lupa selalu mengikuti Resep Nikmat Indonesia untuk mendapatkan berbagai resep masakan yang nikmat dan lezat. Happy cooking.!!!

Para pembaca yang baik, jika anda menilai artikel ini bermanfaat silahkan like di Facebook atau tweet di Twitter. Terima kasih.
Baca juga resep yang ini : Resep Beef Steak Bakar Goreng.

RESEP SOP BUNTUT SAPI ISTIMEWA Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Juragan