RESEP NUGGET SEHAT DAN BERGIZI

Resep Nikmat Indonesia - Resep Nugget Sehat Dan Bergizi - Siapa yang tak suka dengan makanan olahan cepat saji ini? Nugget kini menjadi pilihan menu yang banyak digemari orang. Hal ini tentu saja karena alasan kepraktisannya. Jika ingin tinggal ambil dari freezer dan goreng, makanan daging olahan ini sudah siap disantap. Apalagi jika menyiapkan sarapan atau bekal anak ke sekolah, nugget seringkali menjadi sajian menu utama. Tidak perlu lagi susah-susah memasak, hanya beberapa menit menu sarapan atau bekal anak kesekolah pun siap. Anak-anak pun suka dengan rasanya. Nugget yang ada di pasaran pun memang menjadikan anak-anak sebagai target utamanya karena dibuat dengan bentuk-bentuk yang menarik seperti binatang, huruf atau bentuk menarik lainnya. Intinya agar anak semakin suka memakannya.

Segi kepraktisan memang menjadi alasan utama mengapa nugget menjadi salah satu makanan yang harus ada di kulkas. Namun, jika dilihat dari sisi kesehatan, makanan cepat saji ini tentu kurang baik bagi kesehatan. Alasan yang pertama karena bahan pengawetnya, dan yang kedua adalah kandungan MSGnya. 

RESEP NUGGET SEHAT DAN BERGIZI

Namun, kini jangan khawatir lagi, jika ibu benar-benar ingin membuat makanan yang praktis, sehat dan bergizi maka saya akan memberikan resep membuat nugget yang aman bagi kesehatan seluruh keluarga. Dikatakan aman karena tanpa bahan pengawet dan tanpa MSG. Yuk langsung saja kita ke resep nugget sehat dan bergizi.  

Bahan :
  • 250 gram daging ayam cincang
  • 150 gram udang cincang
  • 1 buah wortel ukuran besar parut kasar
  • 2 siung bawang putih
  • Merica halus dan garam secukupnya
  • 2 sdm tepung maizena
  • 1 butir telur
  • Tepung panir secukupnya
  • Minyak goreng

Cara membuat :
  1. Campurkan daging ayam cincang dan udang cincang
  2. Tambahkan bawang putih yang dihaluskan, merica dan garam aduk hingga rata
  3. Tambahkan tepung maizena aduk hingga rata
  4. Tambahkan wortel ke dalam adonan ayam dan udang aduk hingga rata
  5. Tuangkan dalam cetakan kue ukuran 20X20X 1 cm dan ratakan permukaan atasnya
  6. Kukus adonan selama 20 menit hingga matang
  7. Potong-potong adonan sesuai selera, juga bisa menggunakan cetakan kue kering berbentuk binatang, bintang atau yang lain agar lebih menarik
  8. Gulingkan nugget yang telah dipotong dalam telur lalu gulingkan ke dalam tepung panir
  9. Goreng dalam minyak panas hingga kecoklatan
  10. Nugget siap disajikan  bisa ditambahkan dengan saus tomat atau sambal botol

Sangat mudah dan praktis bukan? resep di atas menggunakan bahan yang sederhana. Pastikan kualitas dan kesegaran ayam atau udang dengan baik agar gizinya idak berkurang.  Resep di atas selain mudah juga murah, coba saja anda bandingkan dengan harga nugget olahan yang ada di pasaran tentu lebih murah bukan? 

Jika tidak ingin digoreng semua, nugget yang telah matang dari kukusan didinginkan lalu dimasukkan ke dalam box makanan lalu disimpan di dalam freezer. Jika ingin menggoreng tinggal dibaluri dengan telur dan tepung panir. Nugget yang sehat, bergizi pun siap disajikan untuk menu sarapan ataupun bekal anak ke sekolah. Tambahan wortel juga menambah nilai gizi serta membuat anak-anak makan sayur yang biasanya kurang disukai. Wortel bisa juga anda ganti dengan sayuran lainnya. Mudah dan praktis bukan? happy cooking!

Demikian Resep Nugget Sehat Dan Bergizi dari kami. Semoga bermanfaat bagi anda dan terima kasih telah membaca artikel ini. Jangan lupa selalu mengikuti Resep Nikmat Indonesia untuk mendapatkan berbagai resep masakan yang nikmat dan lezat. Happy cooking.!!!

Para pembaca yang baik, jika anda menilai artikel ini bermanfaat silahkan like di Facebook atau tweet di Twitter. Terima kasih.

RESEP NUGGET SEHAT DAN BERGIZI Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Juragan