RESEP KUE SEMPRIT SUKADE ISTIMEWA

Resep Nikmat Indonesia - Resep Kue Semprit Sukade Istimewa - Pasti anda sudah tahu kue semprit bukan? Kue ini sangat populer dan banyak disukai oleh anak-anak maupun dewasa. Kue semprit selalu hadir menemani kita dalam berbagai acara dan bisa juga sebagai teman saat kita menikmati teh hangat di pagi dan sore hari. Kue semprit adalah salah satu jenis kue kering yang populer di kalangan masyarakat kita. Kue semprit yang biasanya dilihat adalah kue semprit dengan hiasan manisan kering dari buah labu yang disebut sukade. Sukade adalah jenis manisan kering yang tersedia dalam tiga warna, yaitu merah, hijau, dan kuning. Nah kue semprit sendiri bisa anda buat dengan mudah dan praktis tanpa harus membeli di toko kue. Bagaimana cara membuat kue semprit sukade? Mari kita simak resep berikut ini.

RESEP KUE SEMPRIT SUKADE
Kue Semprit

Resep kue semprit sukade secara garis besar tidak jauh berbeda dengan resep kue sagu keju. Yang membedakan keduanya adalah dalam penggunaan tepungnya saja. Untuk membuat kue semprit dibutuhkan tepung terigu lebih banyak daripada kue sagu keju. Kue semprit sebenarnya berasal dari kata spuit, yaitu alat pencetak kue berbentuk plastik segitiga dan besi corong. Kue semprit yang biasa kita jumpai adalah dengan hiasan sukade merah, karena lebih meriah saat dilihat. Tetapi anda bisa menggunakan sukade warna lain sesuai selera. Nah bagi anda yang ingin membuat kue semprit sukade dengan mudah dan berhasil, simak resep kue semprit dan cara membuatnya berikut ini dengan baik. 

Resep Kue Semprit Sukade Istimewa

Bahan-Bahan :
  • 200 gr gula bubuk
  • 100 gr tepung maizena
  • 200 gr mentega
  • 350 gr tepung terigu protein sedang
  • 50 gram Sukade/buah kering untuk hiasan
  • 2 putih telur
  • 4 kuning telur
  • ½ sdt garam
  • 1 sdt vanila bubuk
  • Margarin untuk olesan

Cara Membuat Kuse Semprit Sukade :
  1. Pertama, masukkan mentega dalam wadah dicampur dengan ½ bagian gula bubuk.
  2. Kocok kedua bahan tersebut sampai benar-benar mengembang, sambil memasukkan kuning telur satu per satu sambil terus dikocok.
  3. Jika semua bahan sudah tercampur rata, kini saatnya anda memasukkan garam, vanili bubuk, tepung terigu, dan tepung maizena kedalam adonan.
  4. Adonan kembali diaduk dengan sendok kayu sampai benar-benar merata.
  5. Selanjutnya kocoklah putih telur yang dicampur dengan sisa gula bubuk sampai benar-benar mengembang dan kaku.
  6. Setelah itu masukkan ke dalam adonan utama sedikit demi sedikit sampai tercampur rata.
  7. Kemudian adonan yang sudah dicampur dimasukkan ke dalam pencetak kue plastik segitiga yang telah diberi mata spuit bentuk bintang.
  8. Semprotkan adonan bentuk bunga di atas loyang datar yang telah diolesi margarin. 
  9. Lalu anda bisa menghias bagian atasnya dengan sukade.
  10. Kue dipanggang dalam oven selama 25 menit dengan suhu 160°C.
  11. Tanda-tanda kue yang sudah matang adalah kue jadi kering dan sedikit coklat.
  12. Angkat kue dan biarkan sampai dingin.
  13. Selanjutnya tinggal masukkan kue semprit ke dalam toples yang raat/kedap udara.
  14. Kue semprit sukade siap untuk dinikmati.

Untuk membuat kue semprit suakde ini dibutuhkan waktu sekitar 1 jam. Dengan rincian, untuk persiapan selama 15 menit dan waktu membuatnya sekitar 45 menit. Cukup mudah bukan? Bisa disajikan untuk keluarga dan kerabat anda. Selamat mencoba. Mungkin anda juga tertarik membuat kue-kue yang lain :

Demikian resep kue semprit sukade istimewa dari kami. Semoga bermanfaat bagi anda dan terima kasih telah membaca artikel ini. Jangan lupa selalu mengikuti Resep Nikmat Indonesia untuk mendapatkan berbagai resep masakan yang nikmat dan lezat. Happy cooking.!!!

Para pembaca yang baik, jika anda menilai artikel ini bermanfaat silahkan like di Facebook, tweet di Twitter, atau Google +. Terima kasih.
Baca juga resep yang ini : Resep kue bawang renyah dan enak

RESEP KUE SEMPRIT SUKADE ISTIMEWA Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Juragan