RESEP KUE BAWANG RENYAH PALING ENAK

Resep Nikmat Indonesia - Resep Kue Bawang Renyah - Tahukah anda kue bawang? Kue bawang adalah salah satu kue kering yang banyak diminati oleh setiap orang. Apalagi saat hari lebaran, kue bawang sangat mudah ditemukan di hampir setiap rumah. Kue bawang juga cocok untuk kue sehari-hari, karena selain rasanya yang enak, kue bawang juga memiliki bentuk yang unik. Kue bawang biasanya memiliki bentuk yang bervariasi, seperti tusuk gigi panjang, untir, kotak, segitiga, dan lain-lain. Nah anda mau tahu cara membuat kue kering bawang? Simak resep berikut ini dengan baik.

RESEP KUE BAWANG RENYAH
Kue Bawang Renyah

Resep kue bawang renyah sebenarnya sangat mudah dan fleksibel. Artinya, bentuk kue bawang disesuaikan dengan peralatan anda. Kue bawang yang sering kita jumpai adalah panjang seperti tusuk gigi yang dibentuk dengan alat pembuat pasta/kulit molen. Tetapi jika peralatan anda tidak ada, anda pun bisa menggunakan alat-alat sederhana dengan bentuk yang berbeda pula. Anda bisa menggunakan penggiling adonan/roller pin atau bekas botol kecap. Cukup mudah bukan? Yang terpenting adalah kue bawang harus renyah dan enak. Intinya ada pada saat anda meniriskan kue setelah digoreng. Pastikan anda meniriskan kue bawang sampai benar-benar tiris dan tidak mengandung minyak lagi. Gunakan juga tepung terigu yang berprotein sedang. Oke langsung saja, inilah resep dan cara membuat kue kering bawang renyah.

Resep Kue Kering Bawang Renyah

Bahan-Bahan :
  • 2 butir telur
  • 50 gr tepung tapioka
  • 250 gr tepung terigu protein sedang
  • 75 ml santan kental
  • 50 gr tepung, untuk taburan
  • Minyak untuk menggoreng

Bumbu-Bumbu Yang Dihaluskan :
  • 2 butir bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 2 sdm daun seledri dicincang halus
  • 1 sdm garam

Cara Membuat Kue Bawang :
  1. Pertama, campurkan bahan-bahan seperti tepung tapioka, tepung terigu, telur, bumbu-bumbu halus dan santan dalam sebuah wadah.
  2. Aduk sampai benar-benar rata dan kalis.
  3. Setelah itu masukkan daun seledri yang sudah dicincang.
  4. Aduk kembali sampai daun seledri merata di semua adonan.
  5. Kemudian saatnya menggiling adonan. Jika anda tidak punya pembuat pasta, anda bisa menggunakan bekas botol yang bersih.
  6. Giling adonan sebanyak 3 kali, atau sampai berbentuk lembaran setebal 2 mm.
  7. Bentangkan lembaran tersebut, kemudian dibentuk sesuai dengan selera anda.
  8. Taburi dengan tepung terigu agar tidak lengket.
  9. Panaskan minyak goreng secukupnya di atas wajan.
  10. Setelah minyak panas, masukkan adonan dengan api sedang.
  11. Jika adonan sudah berwarna kuning kecoklatan, angkat.
  12. Tiriskan adonan yang telah digoreng sampai benar-benar tiris.
  13. Setelah dingin, masukkan kue bawang ke dalam toples yang kedap udara/rapat.
  14. Kue kering bawang siap untuk dinikmati.

Untuk membuat kue bawang ini dibutuhkan waktu sekitar 1 jam 20 menit. Dengan rincian, 20 menit untuk persiapan dan 60 menit untuk memasaknya. Kue bawang bisa awet sampai 2 bulan jika disimpan dalam toples yang kedap udara. Cukup mudah bukan? Semoga anda bisa memahaminya dan selamat mencoba di rumah.

Demikian resep kue bawang renyah dan enak dari kami. Semoga bermanfaat bagi anda dan terima kasih telah membaca artikel ini. Jangan lupa selalu mengikuti Resep Nikmat Indonesia untuk mendapatkan berbagai resep masakan yang nikmat dan lezat. Happy cooking.!!!

Para pembaca yang baik, jika anda menilai artikel ini bermanfaat silahkan like di Facebook, tweet di Twitter, atau Google +. Terima kasih.
Baca juga resep yang ini : Resep Kue Tropicana Cookies

RESEP KUE BAWANG RENYAH PALING ENAK Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Juragan