RESEP SPONGE CAKE TERNIKMAT

Resep Nikmat Indonesia - Resep Sponge Cake Ternikmat - Kue dengan berbagai rasa dan ornament yang tertata rapi di sebuah took roti pasti sangat menggoda selera anda. Rasanya yang manis dan teksturnya yang lembut tentu sangat digemari semua orang. Sekarang anda tidak perlu khawatir atau repot pergi ke took kue lagi, karena anda bisa membuat sendiri cake yang lembut di rumah. Anda bisa menikmatinya dengan seluruh keluarga ditemani minuman hangat seperti teh atau kopi. 

Pada resep kali ini akan dijelaskan cara membuat sponge cake. Sponge cake merupakan cake dasar yang banyak digunakan dalam pembuatan kue tart. Pada dasarnya sponge cake dibuat dengan memperthatikan teksturnya yang lembut dan tidak terlalu padat sehingga sangat pas jika dipadukan dengan cream untuk kue tart. Sponge cake juga dibuat dengan rasa tidak terlalu manis agar pas rasanya dengan cream yang manis. 

Resep sponge cake ternikmat

Salah satu kunci kesuksesan dalam membuat cake adalah kualitas bahan bakunya, yang paling utama adalah telur. Telur yang diguankan pada saat membuat sponge cake seharusnya telur yang segar dan yang tidak masuk lemari es sebelumnya. Hal ini dikarenakan suhu yang dingin akan mempengaruhi proses mengembangnya telur. Semua cake yang ada dibuat dengan memperhatikan komposisi kuning telurnya. Jika ingin membuat kue yang sangat lembut maka kuning telurnya harus banyak. 

Pada resep sponge cake ini perbandingan kuning telur dan putih telur adalah 2:1. Sponge cake juga tidak memerlukan tepung yang banyak agar teksturnya lembut dan tidak padat (terbentuk sponge atau ronggga udara). Untuk lebih jelasnya perhatikan resep berikut ini!

Bahan :
  • 10 kuning telur
  • 5 putih telur
  • 125 gram gula pasir (sebaiknya dihaluskan lebih dulu agar tekstur kue menjadi lembut dan mudah tercampur)
  • 75 gr tepung terigu protein rendah/sedang
  • 15 gr tepung maizena
  • 150 gr margarin/mentega, lelehkan 
  • 2 sdm gr cake emulsifier (bahan yang mudah digunakan adalah TBM atau ovalet yang sering ada di pasaran)
Cara membuat :
  1. Masukkan telur, gula pasir dan emulsifier dalam satu wadah kemudian kocok sampai adonan mengembang dan berwarna putih dan ditendai dengan dapat membentuk jejak dari mixernya
  2. Masukkan ke dalam adonan tepung terigu, maizena sedikit demi sedikit dengan diayak terlebih dahulu
  3. Masukkan baking powder aduk dengan rata
  4. Masukkan mentega yang sudah dicairkan ke dalam adonan dan aduk dengan cara membalik agar bisa rata tidak hanya mengendap di bawah saja
  5. Masukkan adonan ke dalam Loyang dengan ukuran 24x 24 cm yang di atasnya telah diberi kertas roti yang diolesi margarine cair
  6. Panggang ke dalam oven dalam suhu 180 derajat selama 25 menit, cek kematangan dengan tusuk lidia jika sudah tidak ada yang menempel berarti sudah matang
  7. Setelah matang keluarkan dari oven dan dinginkan baru kemudian hias sesuai selera anda
Dalam membuat cake, yang perlu anda perhatikan adalah jangan terlalu lama mendiamkan adonan sebelum dipanggang. Setelah adonan siap maka langsung dipanggang di dalam oven, serta perhatikan suhu oven atas dan bawah harus panas merata. Resep ini dibuat tidak terlalu manis agar bisa pas dengan topping yang ditambahkan pada cake.  Demikian resep cake lembut dan lezat . selamat mencoba!

Demikian resep sponge cake ternikmat dari kami. Semoga bermanfaat bagi anda dan terima kasih telah membaca artikel ini. Jangan lupa selalu mengikuti Resep Nikmat Indonesia untuk mendapatkan berbagai resep masakan yang nikmat dan lezat. Happy cooking.!!!

Para pembaca yang baik, jika anda menilai artikel ini bermanfaat silahkan like di Facebook atau tweet di Twitter. Terima kasih.
Baca juga resep yang ini : Resep Kue Muffin Pisang Lezat Dan Praktis.

RESEP SPONGE CAKE TERNIKMAT Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Juragan