RESEP PIE VLA BUAH NIKMAT DAN LEZAT

Resep Nikmat Indonesia - Resep Pie Vla Buah Nikmat Dan Lezat - Sajian nikmat pie sudah sering kita kenal. Pada dasarnya pie merupakan salah satu hidangan pembuka atau hidangan penutup yang bisa beraneka rasa. Pie dengan rasa gurih yang biasanya diisi dengan varian daging, ayam  atau tuna digemari sebagai makanan pembuka sedangkan pie dengan rasa manis berisi varian agar, buah, susu menjadi hidangan penutup yang lezat. 

Rasa nikmat dari pie terletak pada kulitnya yang renyah dan empuk. Kulit pie yang keras menjadikan rasa pie kurang enak. Membuat kulit pie yang renyah dan empuh bisa dibilang gampang-gampang susah karena banyak orang yang telah mencoba namun kadang berbeda hasilnya. Salah satu kunci kerenyahan dari kulit pie adalah hanya memakai kuning telur saja. Jika anda menambahkan putih telur ke dalam adonan kulit pie maka hasilnya akan menjadi kulit pie yang keras. 

Resep pie vla buah nikmat dan lezat

Cara menguleni adonan pie pun juga menjadi kunci keberhasilan pembuatan kulit pie yang nikmat. Adonan sebaiknya diuleni menggunakan pergelangan tangan bagian bawah sehingga tidak langsung tangan. Atau untuk praktisnya bisa menggunakan alat pengaduk yang kini sudah banyak tersedia di took bahan kue, swalayan maupun toko peralatan rumah tangga.  Kualitas margarine yang digunakan juga sangat mempengaruhi kerenyahan dari kulit pie. Sebaiknya anda memakai margarine yang bagus kualitasnya serta jangan mengurangi takaran margarinenya. 

Untuk bahan isiannya sangat beragam tergantung dari selera anda dan keluarga. Untuk pie yang mudah dan sederhana biasanya hanya menggunakan isian agar-agar, atau apel. Ini salah satu resep pie klasik yang sudah mendunia. Namun untuk lebih bervariasi lagi, dalam resep ini akan diberikan cara membuat varian isi vla buah. Buah yang digunakan pun tergantung selera, namun biasanya saya menggunakan buah segar lalu diberi glaze dari agar berwarna putih sehingga tampak mengkilap. Jika anda menggunakan buah kaleng pun juga tidak masalah. Bisa menggunakan buah nanas, jeruk, rambutan kalengan yang langsug bisa dipakai. Salah satu tips pemilihan buah adalah jangan menggunakan buah yang terlalu banyak mengandung air karena akan membuat pie tidak tahan lama walaupun disimpan di lemari pendingin. Tentu sudah tidak sabar lagi mencoba resep pie vla buah nikmat dan lezat bukan? Berikut resepnya. 

Bahan kulit :
  • 150 gram margarin 
  • 1 kuning telur 
  • 250 gram tepung terigu protein sedang 
  • 30 gram gula pasir
  • 2 sendok makan air es

Bahan vla :
  • 250 ml susu cair 
  • 50 gram gula pasir
  • 30 gram maizena yang dilarutkan dengan sedikit air sebagai bahan pengental
  • 1 kuning telur, dikocok lepas
  • 1 sendok makan margarin 
  • 1 tetes esen vanilla atau vanilla bubuk

Buah :
  • Buah strawberry segar dibelah menjadi 2
  • Buah anggur merah segar dipotong menjadi 2
  • Buah kiwi diiris tipis tipis

Cara membuat :
Kulit :
  1. Campurkan semua bahan menjadisatu dalam mangkuk besar kemudian uleni menggunakan alat pengaduk hingga adonan rata dan menjadi kalis. 
  2. Masukkan dalam lemari pendingin selama 10 menit
  3. Keluarkan lalu cetak dalam cetakan pie. Agar tebalnya sama di seluruh permukaan sebelum dicetak gilas dengan roller pin baru dimasukkan ke dalam cetakan
  4. Ingat saat mencetak jangan terlalu banyak ditekan agar tidak menjadi keras
  5. Tusuk-tusuk kulit pie dengan garpu di seluruh permukaannya.
  6. Panggang dalam oven panas bersuhu 180 derajat selama 20 menit hingga matang lalu keluarkan

Vla :
  1. Rebus susu cair dan gula pasir sampai mendidih sambil diaduk terus menerus kemudian  tambahkan larutan tepung maizena. Aduk terus hingga adonan mengental dan matikan api jika sudah tampak mendidih dan meletup-letup di permukaan atasnya.  
  2. Masukkan kuning telur yang sudah dikocok lepas ke dalam adonan susu dan aduklah sampai tercampur rata dengan cepat
  3. Masak kembali di atas api agar kuning telur matang sambil terus diaduk hingga permukaan meletup-letup, terakhir masukkan margarine dan vanilla ke dalam adonan. Aduk terus hingga rata dan kemudian angkat dari api. 

Bahan glaze dari agar-agar :
Masak satu bungkus agar dalam 300 ml air dan 50 ml gula pasir kemudian angkat. Dijadikan sebagai bahan glazing untuk membuat buah tampak mengkilap.

Pie buah :
  1. Siapkan kulit pie yang sudah matang, vla dan isian buah segar
  2. Masukkan vla ke dalam kulit pie lalu tata buah segar di atasnya dengan rapi dan beri tambahan agar putih di atas buah.
  3. Masukkan ke dalam lemari pendingin terlebih dulu agar lebih nikmat. 

Mudah dan sangat yummy, dijamin akan menjadi hidangan penutup favorit keluarga anda. Keluarkan dari lemari pendingin dan sajikan untuk seluruh keluarga, nikmati rasa pie yang renyah dengan vla lembut dan buah yang segar. Selamat mencoba!

Demikian Resep Pie Vla Buah Nikmat Dan Lezat  dari kami. Semoga bermanfaat bagi anda dan terima kasih telah membaca artikel ini. Jangan lupa selalu mengikuti Resep Nikmat Indonesia untuk mendapatkan berbagai resep masakan yang nikmat dan lezat. Happy cooking.!!!

Para pembaca yang baik, jika anda menilai artikel ini bermanfaat silahkan like di Facebook atau tweet di Twitter. Terima kasih.
Baca juga resep yang ini : Resep Martabak Manis Untuk Keluarga.

RESEP PIE VLA BUAH NIKMAT DAN LEZAT Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Juragan