RESEP UDANG GORENG MENTEGA

Resep Nikmat Indonesia - Resep Udang Goreng Mentega - Udang masih menjadi menu favorit di keluargaku. Cara mengolahnya cepat, mudah dan praktis. Bahan ini pun mudah didapat. Satu hal yang harus didingat adalah carilah udang yang segar. Udang segar akan menambah cita rasa masakan serta tidak mengandung racun yang bisa menyebabkan alergi pada kulit. 

Bersihkan udang dengan benar, cuci dan buang bagian yang seperti benang hitam di pungggungnya. Untuk memasak udang ini hanya memerlukan waktu sebentar saja. Setelah bumbu matang masukkan udang dan masak di atas api tidak lebih dari 5 menit. Ini cara untuk menjaga agar udang masih terasa manis dan lembut. Kali ini saya akan memasak udang goreng mentega yang lembut, manis daging udangnya dan gurih bumbunya. 

RESEP UDANG GORENG MENTEGA

Pada resep kali ini, saya tidak akan membuang kepala, kulit dan ekornya. Karenanya, harus benar-benar menggunakan udang yang segar dan baik kualitasnya. Tidak lupa juga untuk menggunakan jahe sebagai bumbu. Karena kita tahu jahe memiliki cita rasa yang pedas dan menambah cita rasa (sumber : www.constiti.com). Semua pasti sudah tergiur ingin tau cara membuatnya kan? Mari langsung menuju resep udang goreng mentega berikut ini :

Bahan :
  • 500 gram udang ukuran sedang, bersihkan dengan air mengalir 
  • Sari lemon secukupnya  
  • ½ cm jahe dimemarkan
  • 2 siung bawang putih
  • ½ buah bawang Bombay iris tipis
  • 2 sdm mentega 
  • 1 sdm saus tomat
  • Garam dan merica secukupnya
  • Gula secukupnya
  • Minyak untuk menggoreng

Cara membuat :
  1. Pastikan udang dicuci bersih dan terbebas dari kotoran 
  2. Kucuri udang menggunakan jeruk nipis, tambahkan garam dan merica aduk hingga rata
  3. Panaskan minyak dan tambahkan 1 sdm mentega ke dalam minyak
  4. Goreng udang dalam minyak panas dalam waktu singkat dan langsung angkat
  5. Panaskan mentega di atas wajan, tumis bawang putih dan bawang Bombay hingga harum, 
  6. Masukkan saus tomat tambahkan garam, merica dan gula secukupnya,jika suka pedas tambahkan saus sambal
  7. Tambahkan air sedikit hingga tidak terlalu kering, masukkan udang yang telah digoreng masak sebentar sampai semua udang terlumuri bumbu
  8. Angkat dan sajikan dengan nasi hangat

Hmmm sangat lezat bukan? udang yang digoreng masih dengan kulitnya akan terasa renyah dan daging dalamnya masih terasa lebut dan manis. Jika disantap dengan nasi hangat dengan bumbunya dijamin lidah anda akan dimanjakan. Membuat hidangan ini sendiri di rumah tentu akan lebih higienis dan lebih murah daripada membeli di kedai sea food. Oke selamat mencoba!

Demikian Resep Udang Goreng Mentega dari kami. Semoga bermanfaat bagi anda dan terima kasih telah membaca artikel ini. Jangan lupa selalu mengikuti Resep Nikmat Indonesia untuk mendapatkan berbagai resep masakan yang nikmat dan lezat. Happy cooking.!!!

Para pembaca yang baik, jika anda menilai artikel ini bermanfaat silahkan like di Facebook atau tweet di Twitter. Terima kasih.
Baca juga resep yang ini : Resep Samosa Daging Ayam Ternikmat.

RESEP UDANG GORENG MENTEGA Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Juragan