RESEP BALADO IKAN TERI PEDAS

Resep Nikmat Indonesia - Resep Balado Ikan Teri Pedas - Ikan teri adalah ikan yang bertubuh kecil dan sering digunakan sebagai makanan "kelas dua." Tetapi tahukah anda bahwa ikan teri pun bisa diolah menjadi menu masakan yang cukup enak dan banyak disukai. Balado ikan teri pedas adalah bukti bahwa ikan teri memiliki nilai lebih khususnya bagi para pecinta pedas. Balado teri memang sangat praktis dan awet sampai 2 minggu. Asalkan disimpan dalam toples yang rapat dan kedap udara, balado teri akan bertahan sampai 14 hari. Balado ikan teri ini sangat cocok menemani nasi putih hangat, dan tentunya saat anda dalam keadaan mendesar (karena tidak ada lauk atau malas memasak), he..he.. Oke langsung saja mari kita simak bagaimana cara membuat balado ikan teri pedas.

RESEP BALADO IKAN TERI PEDAS
Balado Ikan Teri Pedas

Resep balado ikan teri pedas adalah resep yang mungkin jarang dilirik orang, tetapi selalu datang di saat yang tepat. Meskipun bukan sebagai lauk utama, tak ada salahnya anda membuatnya lalu menyimpannya untuk kebutuhan di hari kemudian. Biasanya, balado ikan teri dipadukan dengan nasi putih hangat dan tumis kacang panjang. Kita tahu bahwa ikan teri tidak begitu banyak mengandung nutrisi, sehingga harus dilengkapi dengan makanan lain. Oke bagi anda pecinta makanan pedas dan ikan teri, yuk kita simak resepnya berikut ini dengan saksama.

Resep Balado Ikan Teri Pedas

Bahan-Bahan :
  • 250 gram ikan asin kipas/ikan teri medan/teri lain
  • 4 siung bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 5 cabai merah
  • 2 sdm air asam jawa
  • 2 sdm gula pasir
  • 2 lembar daun salam
  • 1 cm lengkuas, memarkan
  • 1 sdt garam
  • 200 ml minyak goreng

Cara Membuat Balado Ikan Teri Pedas :
  1. Pertama-tama, panaskan minyak goreng secukupnya.
  2. Lalu goreng ikan asin kipas sampai berwarna kecoklatan/kering, angkat dan sisihkan.
  3. Kemudian haluskan bawang putih, bawang merah, cabai merah, dan garam.
  4. Setelah itu tumis bumbu halus sampai beraroma harum.
  5. Lalu masukkan lengkuas, daun salam dan air asam jawa. Dimasak sampai bumbu mengental.
  6. Selanjutnya anda memasukkan ikan asin yang sudah digoreng tadi.
  7. Aduk secara perlahan sampai bumbu tercampur rata.
  8. Lalu angkat dan tiriskan sebentar.
  9. Balado ikan teri pedas siap untuk disantap bersama nasi putih hangat.
  10. Jika masih banyak, simpan di toples yang rapat dan kedap udara.

Cukup mudah bukan membuat balado teri pedas? Sangat praktis dan bisa bertahan lama. Sedikit tips, jika anda ingin mengurangi rasa asin pada ikan teri anda bisa merendamnya dengan air hangat selama beberapa menit. Selamat mencoba, semoga berhasil.

Demikian resep balado ikan teri pedas dari kami. Semoga bermanfaat bagi anda dan terima kasih telah membaca artikel ini. Jangan lupa selalu mengikuti Resep Nikmat Indonesia untuk mendapatkan berbagai resep masakan yang nikmat dan lezat. Happy cooking.!!!

Para pembaca yang baik, jika anda menilai artikel ini bermanfaat silahkan like di Facebook, tweet di Twitter, atau Google +. Terima kasih.
Baca juga resep yang ini : Resep Ikan Gurami Bakar

RESEP BALADO IKAN TERI PEDAS Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Juragan